Dinilai Berbahaya bagi Anak-Anak, Komisi X Dukung Larangan Gim Roblox

11-08-2025 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Lalu Hadrian Irfani. Foto : Tari/Andri

PARLEMENTARIA, Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Lalu Hadrian Irfani, menyatakan dukungannya terhadap wacana pelarangan permainan digital, seperti Roblox, bagi anak-anak. Menurutnya, game yang banyak diakses pelajar ini mengandung konten yang meresahkan dan berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan anak.

 

Lalu menyebut bahwa konten dalam gim Roblox sebagian besar dibuat oleh pengguna dan tidak melalui sistem penyaringan yang ketat. Hal ini membuat Roblox dinilai sangat berisiko untuk diakses anak-anak, terutama pada jenjang usia pendidikan dasar.

 

“Dan saya sepakat, anak-anak usia dini kan gampang banget menirukan apa yang mereka lihat. Kalau setiap hari yang dilihat paparan konten negatif, kita khawatir ya anak-anak merasa hal itu wajar untuk dilakukan juga,” ujar Politisi Fraksi PKB itu.

 

Ia juga menilai bahwa tingkat intelektual murid sekolah dasar belum sepenuhnya mampu membedakan antara adegan nyata dan rekayasa dalam permainan digital, sehingga paparan konten kekerasan dapat memengaruhi perilaku mereka.

 

“Apalagi konten dalam game Roblox sebagian besar dibuat oleh pengguna, yang artinya tidak ada sistem saringannya. Ini sangat membahayakan jadi memang lebih baik ditutup saja konten atau platform seperti Roblox ini,” imbuhnya.

 

Sebagai pimpinan Komisi X DPR yang membidangi urusan pendidikan, Lalu memandang bahwa fenomena digitalisasi merupakan tantangan serius yang perlu dihadapi secara komprehensif. Anak-anak tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga menjadi sasaran algoritma negatif yang dapat menyebabkan adiksi gawai, hoaks, cyberbullying, hingga manipulasi data pribadi.

 

"Mengajarkan anak untuk menggunakan perangkat lunak atau mengakses informasi bukan lagi cukup. Yang lebih mendesak adalah membekali mereka dengan kesadaran kritis terhadap algoritma, perlindungan privasi, hingga pemahaman kontekstual seputar etika berteknologi,” paparnya.

 

Sebagai bagian dari solusi jangka panjang, Lalu menilai penting adanya pendidikan yang membangun daya tahan anak terhadap dampak negatif dunia digital. Ia mengingatkan bahwa tidak semua hal yang populer dan mudah diakses di internet layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

 

“Anak-anak harus memahami bahwa tidak semua yang viral itu benar, tidak semua yang gratis itu aman, dan tidak semua yang disukai algoritma itu layak diikuti," tutupnya.

 

Pelarangan Roblox bagi anak-anak ini diwacanakan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti. Hal ini lantas mendapatkan berbagai reaksi di masyarakat. Pelarangan permainan Roblox awalnya didasari sebagai langkah antisipatif terhadap maraknya konten kekerasan dan visual yang tidak sesuai usia dalam game tersebut, yang dinilai berpotensi mengganggu perkembangan karakter dan moral anak-anak. (uc/rdn)

BERITA TERKAIT
Komisi X Dorong Literasi Digital Masuk Kurikulum sebagai Pendidikan Karakter Anak
11-08-2025 / KOMISI X
PARLEMENTARIA, Jakarta - Wacana pelarangan gim Roblox bagi anak-anak oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti kembali membuka...
Dinilai Berbahaya bagi Anak-Anak, Komisi X Dukung Larangan Gim Roblox
11-08-2025 / KOMISI X
PARLEMENTARIA, Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Lalu Hadrian Irfani, menyatakan dukungannya terhadap wacana pelarangan permainan digital, seperti...
Penyelesaian Polemik Pemutaran Lagu di Ruang Publik Jangan Hanya Melalui Pendekatan Hukum
10-08-2025 / KOMISI X
PARLEMENTARIA, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru, menyoroti polemik pemutaran lagu di ruang publik. Menurutnya, asas...
Perlindungan Anak di Dunia Digital Harus Sejalan dengan Literasi dan Kreativitas
08-08-2025 / KOMISI X
PARLEMENTARIA, Jakarta - Menanggapi wacana pemerintah memblokir gim daring Roblox karena dinilai dapat memberikan dampak negatif pada anak, Ketua Komisi...